Musik

Melly Manuhutu - Pergi

Judul Single : Pergi !!!
Tahun Rilis : 2012
Composer : Aldi Wirya
Music Arrangement : DJ Sumantri
Produksi : K&Q Production

 

Sebelas tahun sudah MELLY MANUHUTU menyepi dari hingar bingar dunia selebritas yang sejak belia diakrabinya. Selepas merilis album ketiganya Melly Manuhutu (1999) yang sempat beroleh nominasi Lagu R&B Terbaik AMI Awards 2000, Melly sibuk dengan dunia barunya sebagai ibu rumah tangga. Sempat bermukim di daerah Puncak, Bogor, dan kemudian lebih serius terjun sebagai ‘pedagang sayur’ organik ketimbang lebur di gemerlap lampu panggung, sehingga banyak yang mempertanyakan eksistensinya di dunia hiburan. Semuanya adalah wujud keseriusannya menjadi ibu, yang tidak mau menyerahkan anaknya pada tangan baby sitter.

Bagaimanapun, panggilan jiwanya tetap ada di ranah seni. Sembari membesarkan dua putri kecilnya, sebenarnya Melly masih sesekali menyanyi off air, atau menjadi bintang tamu di acara-acara televisi, dan bahkan sebenarnya sebuah album telah selesai digarap dan siap edar. Hanya saja sesuai dengan perkembangan industri musik tanah air yang kadang tidak tertebak arahnya, materi album Melly harus disimpan dulu sembari menunggu saat yang tepat untuk melepasnya ke pasaran.

2012, boleh dibilang saat yang tepat bagi Melly untuk ‘turun gunung’ kembali ke gempita dan gemerlap panggung yang sudah sangat dirindukannya. Berbekal single baru yang mengusung warna dance pop berjudul Pergi!!!, Melly kembali dengan gairah baru. Lagu dengan lirik sedikit nakal dan memaparkan kekuatan sosok seorang perempuan menghadapi laki-laki ini diciptakan oleh Aldi Wirya, nama baru di industri musik Indonesia. Dengan balutan aransemen yang nendang oleh arranger terdepan di genre dance saat ini, DJ Sumantri, single ini siap bertarung ditengah membanjirnya pasar musik oleh rombongan boyband dan girlband.

Comeback single Melly ini bisa dibilang semacam perkenalan bagi generasi sekarang yang barangkali belum mengenalnya, juga sebagai obat kangen bagi penggemar setia Melly Manuhutu yang sudah sejak lama menunggu karya terbarunya. Semangat itu juga yang membuat Melly memilih memproduksi dan memasarkan sendiri single terbarunya ini. Sebuah pemanasan juga sembari melihat animo pasar sebelum meluncurkan full album yang sebenarnya sudah siap edar

Judul Album : Ada Cinta
Tahun Produksi : 1999
Produser : Tori Sudarsono, Andre Hehanusa, Iwang Noorsaid
Music Director : Tori Sudarsono & Iwang Noorsaid
Produksi : Ariola – BMG Music Indonesia

 

Setelah cukup lama vakum dari industri rekaman musik, Melly Manuhutu kemudian lebih dikenal sebagai model iklan, presenter dan pemain sinetron. Kerinduannya akan dunia musik kemudian terobati dengan merilis album pertamanya di Indonesia tahun 1999 dengan judul ADA CINTA. Berbeda dengan 2 album sebelumnya yang diproduksi di Jepang, album ini tidak menampilkan lagu-lagu tradisional, melainkan lagu-lagu baru yang digodok oleh musisi-musisi dari GUEST MUSIC seperti TORI SUDARSONO, YUDIS DWIKORANA dan NTI, serta dukungan musisi yang sedang kondang saat itu IWANG NOORSAID dan hitsmaker ANDRE HEHANUSSA. Melly juga tampil sebagai composer dalam beberapa lagu, hal baru yang ternyata cukup berhasil dilakoninya. Kehadiran album ini sangat tepat mengingat pada saat itu demam R&B sedang melanda industri musik Indonesia, sehingga lagu ADA CINTA yang menjadi andalan album ini langsung melesat menjadi hits, dan bahkan beroleh nominasi AMI AWARDS tahun 2000 untuk katagori LAGU R&B TERBAIK.

 

Track List

  1. ADA CINTA – Andre Hehanusa
  2. TERBANG DI LANGIT BIRU –Iwang Noorsaid

  3. BIARKAN BEBAS – Rully, Gerry & Melly feat. Boyz Got No Brain
  4. SETIA – Nti & Yudhis

  5. DIMANAKAH –Hartap
  6. SELALU BERSAMA – Tori & Melly
  7. SATU CINTA – Yudhis, Tori & Melly
  8. CAHAYA BINTANG – Hartap
  9. ADA CINTA (Dance Version) – Andre Hehanusa

 

Mellyana - Beatify

Judul Album : Beatify
Tahun Produksi : 1992
Produser : Makoto Kubota
Music Director : Guest Band
Produksi : Wave Records Japan

 

Sukses album MELLYANA yang melejitkan YAMKO RAMBE YAMKO dan TOKECANG telah melambungkan nama MELLY MANUHUTU, bukan saja di Indonesia tapi juga di Jepang. Di negeri matahari terbit itu nama Melly melambung, tidak hanya sebagai penyanyi tetapi juga sebagai model. Melanjutkan sukses tersebut, album kedua Melly kemudian dirilis dengan judul BEATIFY. Masih tampil dengan sederet lagu-lagu tradisional Indonesia yang diintepretasi dalam genre pop dance yang segar dan modern. Lagu yang terpilih menjadi unggulan masih lagu dari daerah Papua berjudul APUSE, sebuah lagu yang sudah sangat familiar di telinga orang Indonesia. Perbedaan dari album sebelumnya, di album ini Melly tidak hanya tampil dengan lagu tradisional, tapi juga menampilkan lagu baru dan terpilih juga menjadi unggulan yaitu LOVE AT FIRST SIGHT. Nomor lain juga tampil dengan segar seperti LOVE YOU A LIFETIME, LEMBE LEMBE, plus sebuah sajian acapella dalam lagu TUDUNG PERIUK

 

Track List

  1. LOVE AT FIRST SIGHT – Frank/Martin P/Iwan Zen

  2. APUSE – Traditional Song – English Lyric by Gustav
  3. TANASE

  4. ALL THE LOVE I NEED – Yudis Dwikorana

  5. TUDUNG PERIUK

  6. LOVE YOU A LIFETIME (feat Iwa K) – Yudis Dwikorana

  7. BERSAMPAN

  8. LELENG

  9. PANON HIDEUNG (feat Iwa K) –Ismail Marzuki

  10. CIK CIK PERIUK

Mellyana - Mellya a

Judul Album : Mellyana
Tahun Produksi : 1991
Produser : Makoto Kubota
Music Director : Guest Band
Produksi : Wave Records Japan

 

Merekam lagu-lagu daerah memang bukan hal yang baru. Tapi kalau lagu-lagu daerah diaransir sedemikian rupa dan diberi sentuhan R&B, Hip Hop lengkap dengan rap, mungkin baru MELLYANA MANUHUTU aka MELLY MANUHUTU yang pertama melakukannya. Adalah MAKOTO KUBOTA, seorang musisi dan produser kondang dari Jepang yang tertarik membuat album lagu-lagu daerah Indonesia dengan sentuhan modern untuk diedarkan di Jepang. Dengan bantuan musisi-musisi berbakat dari komunitas GUEST MUSIC, maka dibuatlah album YAMKO RAMBE YAMKO ini. Lewat serangkaian proses akhirnya terpilihlah Melly yang waktu itu belum dikenal. Melly yang sejak kecil nyanyi di Ancol ini pada waktu itu sebenarnya sedang disiapkan untuk menjadi lady rocker, akan tetapi tawaran untuk merekam album ini merubah jalur musiknya sampai hari ini. Proses rekaman dilakukan di Jakarta, Singapore dan Yamato (Jepang), dan berhasil merubah lagu-lagu daerah yang sudah sangat familiar seperti YAMKO RAMBE YAMKO, CINGCANGKELING, CUBLAK CUBLAK SUWENG, PARIS BARANTAI atau SURILANG menjadi terdengar sangat modern dan fresh, dengan penambahan lirik dalam bahasa Inggris dan penambahan melodi yang memperindah lagu, serta aransemen yang luar biasa untuk masa itu. Ketika dirilis di Jepang, album ini sukses dan Melly pun menjadi terkenal, bahkan saking terkenalnya Melly sempat menjadi model iklan di Jepang. Sukses di Jepang, akhirnya album ini dirilis juga di Indonesia dan terhitung sukses. Gara-gara sukses album ini, saat itu bermunculanlah rekaman lagu-lagu daerah dalam versi modern, atau lagu-lagu daerah yang diremix dengan music disco.

 

Track List

  1. YAMKO RAMBE YAMKO – NN
  2. TOKECANG – NN
  3. CUBLAK CUBLAK SUWENG – NN
  4. SIGULEMPONG – S. Dis Sitompul
  5. LEMBE LEMBE
  6. BUNGONG JEUMPA – NN
  7. DEK SANGKE – NN
  8. SURILANG – NN
  9. PARIS BARANTAI – Anang Ardiansyah
  10. BURUNG DALAM SANGKAR – May Sumarna

 

 

Judul Album : Yamko Rambe Yamko
Tahun Produksi :
1991
Produser :
Makoto Kubota
Produksi :
Wave Records Japan

 

Track List

  1. YAMKO RAMBE YAMKO
  2. TOKECANG
  3. CUBLAK CUBLAK SUWENG
  4. BUNGONG JEUMPA
  5. LEMBE LEMBE
  6. SIGULEMPONG – S. Dis Sitompul
  7. DEK SANGKE
  8. SURILANG
  9. PARIS BARANTAI – Anang Ardiansyah
  10. BURUNG DALAM SANGKAR – May Sumarna

Kompilasi

Judul Kompilasi: Asian Christmas
Tahun Produksi : 1992

1. Tudung Periuk (Mellyana)
2. Happy Christmas (Campur DKI)
3. Desember Panineungan (Detty Kurnia)
4. Dunia (Elvy Sukaesih)
5. Silent Night (Jacintha)
6. Party So Lonely (V-Wild)
7. Jari-Jariku Sakit Semua (Aishah)
8. Ku Berbahagia (Mellyana)
9. Little Drummer Boy (Campur DKI)
10. The Christmas Song (Mac Chew & Jenny Chin)

 

Judul Kompilasi: Greetings From Asia
Tahun Produksi : 1991

1. Happy Christmas ( Campur DKI)
2. Silent Night (Jachinta)
3. Ku Berbahagia (Mellyana)
4. Desember Panineungan ~ last Christmas (Detty Kurnia)
5. The Christmas Song ( Mac Chew & Jenny Chin)
6. Little Drummer Boy ( Campur DKI)
7. Virgin Mary Had a Baby (Jachinta)
8. I Saw Melly Kissing Santa Claus (Mellyana)
9. The Christmas Gift (Babes Conde)
10. Loose Control (V- wild)