Menu

Tentang Organik Melly Manuhutu

Makanan organik

Saat ini ramai digembar gemborkan tentang makanan organik. Konon makanan organik itu dapat menyehatkan. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan makanan organik? Apa kelebihannya? Bagaimana kandungan gizinya?

Pengertian Makanan Organik

Makanan organik sebenarnya adalah semua makanan yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Namun saat ini istilah makanan organik mengacu pada bahan makanan yang terbuat dari tumbuhan yang cara penanamannya bebas pestisida, bebas pupuk kimia, tidak menggunakan hormon pengatur tumbuh dan tidak ada rekayasa genetika.

Sebenarnya makanan organik tidak terbatas pada tumbuhan saja. Makanan organik dari hewan berarti pemeliharaan berdasarkan prinsip-prinsip organik. Misalnya ayam yang bebas dari suntikan hormon.

Manfaat Makanan Organik

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi makanan organik, seperti :

Membersihkan racun-racun yang menumpuk dalam sel.
Merangsang regenerasi sel-sel baru.
Terbukti bersifat antioksidan lebih tinggi dibanding produk non organik.
Meringankan fungsi-fungsi organ tubuh, misalnya meringankan fungsi hati untuk menetralisir racun.

Tips Membeli Makanan Organik

Di pasaran banyak ditemukan makanan yang mencantumkan label organik. Bagaimana memastikan bahwa suatu makanan benar merupakanproduk organik?

Periksa ciri-ciri produknya. Ada yang mengasumsikan makanan organik pasti berlubang karena ulat. Pendapat ini tidak sepenuhnya betul. Produk organik pun dapat tampil bagus bila menerapkan sistem pengendalian hama terpadu.
Kenali produsen dan label sertifikasi penjaminan produk organik. Di Indonesia telah ada badan khusus sertifikasi produk organik, salah satunya BioCert. Mengenali produsen produk organik dapat Anda lakukan dengan mendatangi langsung dan melihat budi daya yang dilakukan.
Memilih buah dan produk pertanian lokal.

Pengolahan Makanan Organik

Buah dan sayur organik harus Anda cuci di bawah air mengalir. Ini untuk mengantisipasi terbawanya telur cacing atau organismelain pada sayur dan buah. Bisa dimaklumi karena tanpa penyemprotan pestisida memungkinkan masih ada organisme yang tertinggal.

Selain itu rebus sayuran dengan panas yang cukup untuk mematikan telur dan hewan kecil lainnya yang terbawa ke dalam sayuran.

Sebenarnya ada cara termurah dan pasti terjamin memperoleh makanan organik yaitu dengan cara melakukan penanaman sendiri. Bukankah menanam cabe atau tomat di pot pun berarti Anda telah ikut menggalakkan pertanian organik.